Jumat, 09 Maret 2012

Mengenal Peralatan Sederhana Dokter Gigi

peralatan utama yang diperlukan untuk mendeteksi adanya kelainan di rongga mulut untuk pertama kali hanyalah peralatan sederhana, di antaranya:
  • Kaca mulut, yaitu sebuah kaca kecil berbentuk bundar dan diberi gagang. Alat ini akan dimasukkan ke dalam rongga mulut untuk melihat keadaan gigi dan jaringan di sekitar gigi. Kaca mulut merupakan peralatan utama. Dengan alat ini, lubang yang tersembunyi dapat dilihat oleh dokter gigi.

  • Sonde, yaitu alat yang ujungnya tajam, bisa berbentuk melengkung atau lurus. Gunanya untuk mendeteksi adanya karies atau lubang gigi, terutama di daerah yang tersembunyi atau di antara gigi. Dengan ujungnya tersembunyi bisa dideteksi.

  • Pinset, yang digunakan utuk mengambil sesuatu. Di bidang kedokteran gigi, pinset digunakan untuk mengambil berbagai macam benda, baik kapas maupun kotoran, dari dalam rongga mulut.

  • Excavator, alat yang kedua ujungnya berbentuk seperti sendok, yang digunakan yang tajam, karies yang kecil berupa titik atau yang untuk mengorek/membersihkan kotoran di dalam karies.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar