Rabu, 07 Maret 2012

Panduan menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak 6 - 12 tahun

PANDUAN 3: ANAK 6 – 12 TAHUN



Periode 6 tahun ini menandai dimulainya masa gigi campuran yang tumbuh berdampingan di dalam mulut.
Gigi susu akan mulai goyang dan tanggal disepanjang periode ini. Akar gigi akan secara berangsur terlepas seiring kesiapan gigi susu untuk tanggal (atau bisa dicabut dengan lembut).
Gigi tetap akan tumbuh sepanjang periode ini. Sangatlah penting untuk tetap menjaga kebersihan gigi tetap yang baru tumbuh, karena gigi tetap ini belum sempurna dan mudah terserang kerusakan.
Diusia 6 tahun, gigi geraham adalah gigi tetap pertama yang akan tumbuh. Letaknya dibelakang sehingga sulit dijangkau dan mudah terlupakan. Padahal penting agar gigi ini tetap dijaga kebersihannya karena gigi inilah yang rawan berlubang.
Mencapai usia 12 tahun, gigi susu terakhir biasanya telah tanggal dan anak telah memiliki ke-28 set gigi tetapnya. 4 gigi tetap yang terakhir dikenal dengan nama gigi sulung dan bungsu, biasanya tumbuh antara usia 18 hingga 25 tahun


MASALAH YANG UMUM TERJADI

Kerusakan gigi
Menjaga kesehatan dan kebersihan mulut sangatlah penting terutama di fase gigi campuran ini. Keberadaan gigi campur menjadikan gigi dalam keadaan rentan. Apalagi bila ditambah dengan mengonsumsi makanan yang manis-manis dan lengket.
Bila Anda menjaga kebersihan gigi anak dengan menyikatnya 2 kali sehari menggunakan pasta gigi berfluoride maka kemungkinan gigi mereka mengalami kerusakan akan menurun. Dan bila anak Anda mengalami tanda-tanda kerusakan gigi (terlihat dari noda pada gigi) atau bila mereka merasakan sakit, sebaiknya segera mengunjungi dokter gigi.
Penyakit dan kerusakan gigi susu dapat menular kepada gigi tetap seiring dengan pemunculan gigi tetap. Gigi susu geraham biasanya tidak tanggal hingga anak berusia 10 – 12 tahun, jadi banyak waktu untuk menularkan kerusakan gigi kepada gigi tetap yang telah tumbuh karena letaknya berdekatan.
Bila menyebar ke akar gigi, maka infeksi pada gigi susu dapat merusak gigi tetap yang terletak persis dibawahnya.
 
Kesehatan mulut dan gigi

Hal yang terpenting adalah memastikan kalau anak-anak Anda menyikat gigi 2 kali sehari setiap pagi hari setelah sarapan dan sebelum tidur menggunakan pasta gigi berfluoride
Diumur ini anak telah bisa menyikat giginya sendiri, walau demikian Anda harus tetap membantu mereka dengan membuat menyikat gigi menjadi kebiasaan yang akan terus mereka lakukan seumur hidup.
Anda harus memotivasi anak untuk menyikat gigi setiap pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur karena penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut di usia dini. Gigi campuran yang tak merata ini membuat gigi anak rentan terhadap kerusakan gigi. kerusakan juga kemungkinan besar terjadi karena kesukaan anak mengkonsumsi makanan-makanan manis dan lengket.
Gunakanlah sikat gigi khusus untuk anak-anak karena dirancang dengan bulu sikat yang lembut dan kepala sikat yang kecil untuk memudahkan menyikat mulut anak yang kecil.
Gunakanlah takaran pasta gigi yang normal. Anda sudah bisa memberikan pasta gigi orang dewasa. Namun bila mereka tak menyukai rasanya, Anda boleh menggantinya lagi dengan pasta gigi khusus anak usia 6 – 12 tahun yang memiliki rasa lembut dengan takaran fluoride yang disesuaikan.
Terangkan kepada anak bagaimana cara menyikat gigi serta alasan penting menyikat gigi secara teratur. Periksalah apakah mereka telah menyikat dengan baik dan sarankan kepada mereka untuk menggunakan alat pengukur plak agar mereka bisa melihat sendiri bagian gigi yang terlewatkan.
Bantu anak Anda menyikat giginya dengan lembut, jangan melupakan untuk menyikat gusi.
Bantu anak Anda untuk menyikat secara sistematis. Mulailah dari gigi yang ujung belakang hingga yang paling depan. Bagian luar terlebih dahulu baru yang bagian dalam. Perlahan mereka akan menguasainya.
Ingatkan mereka untuk menyikat bagian gigi untuk menggigit, karena disitulah wilayah rentan dan kemungkinan besar terjadinya pembusukan gigi. Sulit untuk menjaga bagian ini bila ukuran gigi tak sama besar.
Anda juga harus memotivasi anak untuk membersihkan lidah mereka menggunakan sikat gigi. Banyak plak dan bakteri yang tinggal di atas lidah, maka sebaiknya dibersihkan secara teratur seperti halnya gigi.
Bicarakan pada dokter gigi Anda untuk informasi lebih lanjut tentang menjaga gigi anak agar tetap bersih.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar