Jumat, 09 Maret 2012



Pemakaian obat kumur akaan menyemournakan rutinitas pembersihan gigi. Namun, tetep saja ada hal hal yang perlu diperhatikan dalam pengunaan obat kumur.

Kenapa obat kumur di anjurkan?
Obat kumur efektif membunuh kuman dan bakteri di dalam mulut dan gigi, karena kandungan zat antiseptikny. Bakteri ini di lumpuhkan sehingga tidak bisa beraksi membentuk plak atau memicu bau mulut. Obat kumur juga bisa melakukan aksi penyembuhan pada berbagai penyakit mukut, seprti sariawan.

Bagaimana memakai obat kumur yang benar?
Lakukan sesuai takaran, dua kali sehari sudaah cukup. Namun, bisa melakukan selama satu menit saja. Jangan beranggap makin lama cairan itu dikocok di mulut, hasilnya akan makin baik. Mulut anda bisa iritasi.

Bagaimana memilih obat kumur yang tepat?/
Obat kumur yang beredar di pasaran, jenis kandunganya beraneka ragam. Ada yang hanya berfungsi sebagai penyegar, ada yang hanya berfungsi membunuh bakteri dengan ringan, ada pula dalam dosis tinggi. Cermati beberapa bahan yang bekerja aktif di dalam obat kumur ini :
  • Povidone iodine
Mampu membunuh mikrooganisme seperti jamur, virus, protozoa dan spora spora bakteri. Cocok digunakan untukmengobati infeksi akibat jamur dan bakteri.
  • Carbenoxolone sodium
Efektif untuk menyembuhkan luka di dalam mulut. Kandungannya akan melindungi daerah luka dan mempercepat proses penyembuhan. Juga mengurangi rasa sakit. biasanya digunakan setelah makan dan sebelum tiduuur?
  • Chlorthexidine gluconate
Ini merupakan zat antiseptik dan disinfektan yang aktif membasmi bakteri, virus dan jamur, zat ini juga efektif mencegah pembentukan plak.
  • Chlorobutanol hemihydrate
Zat antiseptik yang efektif mengurangi sakit yang ditimbulkan oleh gusi berdarah

Namun, hati – hati memakai obat kummur !
Penakaian obat kumur harus sesuai dengan takaran yang di anjurkan  dan anan terlalu sering. Pemakaian terlalu banyak akan membuat dinding mulut terinfeksi. Selain ittu mulut sebetulnya membutuhkan jenis floea normal tertentu untuk menyeimbangkan asam di dalam mulut, jika obat kumur terlalu banyak dipakai flora normal yang penting ini akan ikut terbilas habis dan akan menimbulkan bau mulut
Alcohol yang terdapat didalam obat kumur jua bisa menimbulkan efek ssamping, efek sampingnnya bisa mengurangi produksi air liur, akibatnya bau mulut dan ganguan pengecapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar